Siswa Mengajar Guru

“Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China.” Sebuah kalimat yang amat tidak asing di telinga kita, yang menggambarkan pentingnya pendidikan tersebut sehingga walaupun harus menempuh jarak yang jauh.

Nah, salah satu hal yang “khas” dalam pendidikan ini adalah “tidak ada tua maupun muda” dalam istilah ilmu dan pengetahuan. Umur bukanlah jaminan mengetahui segalanya, karena kekhususan dan kekhasan pengetahuan seseorang tidak bergantung pada usianya, melainkan kapan dia mempelajari pengetahuan tersebut.

Pagi ini, setelah iseng mencari-cari di search engine tentang diri sendiri (narsis mode on), saya menemukan sebuah dokumen yang pernah saya buat tahun 2002 yang lalu yang sebenarnya sudah lama saya cari-cari.

Dokumen itu berupa beberapa foto yang menunjukkan beberapa Siswa sedang mengajar gurunya, khususnya dalam pemanfaatan komputer.

Cukup mengasikkan melihat mereka mencoba menjelaskan segala hal mengenai komputer tersebut. Selain mengajarkan prinsip kerendahan hati dari para guru untuk mau belajar kepada siswanya, juga mengajarkan kesabaran dan penghargaan kepada siswanya agar mereka paham bagaimana beratnya mengajar tersebut.

Dengan cara seperti ini, maka masing-masing pihak dapat saling terbuka dan lebih akrab dalam keseharian. Dan memang setelah kegiatan tersebut, hubungan antara siswa yang menjadi tutor dengan gurunya menjadi lebih akrab dan lebih tercipta pengertian diantara mereka.

3 Foto pertama diambil pada tahun 2002, di Lab. Komputer SMK Tritunggal 45 Makassar, pada kegiatan Pelatihan Jaringan Informasi Sekolah (JIS) untuk Kota Makassar. Saat itu, saya menjadi instruktur pelatihan namun pada saat pelaksanaannya saya melibatkan siswa-siwsi SMK Tritunggal 45 untuk mengajar langsung kepada peserta pada saat praktek.

Saat ini, sebagian besar siswa-siswi tersebut sudah bekerja dan kuliah. Mudah-mudahan hasil pendidikan di atas dapat berkesan pada mereka.

Pada foto berikut ini (walaupun agak kurang jelas), terlihat pelatihan yang dilaksanakan kepada guru-guru dari SMKN 2 Gorontalo, yang jauh-jauh datang ke Makassar untuk belajar tentang IT, pada bulan Februari 2004.

Foto ini diambil pada malam hari, dimana pelatihannya sendiri sudah dimulai sejak pagi dan hanya tersedia waktu 2 hari. Sampai pada hari itu, tidak ada yang mau meninggalkan lab komputer padahal sudah menjelang tengah malam.

Pelatihan ini dilaksanakan di ICT Center LPMP Sulawesi Selatan, yang pada Bulan Februari 2004 merupakan ICT Center yang pertama kali melaksanakan kegiatan di Indonesia sejak bantuan pengembangan ICT Center dikucurkan pada Bulan Januari 2004. Ini termasuk saksi sejarah juga terhadap perkembangan ICT Center di Indonesia.

Semua siswa yang mengajar pada diklat tersebut sudah bekerja atau kuliah, bahkan yang menggunakan topi merah di atas, sudah menjadi Sekretaris Kepala Pusat Informasi dan Humas, Sekretariat Jenderal Depdiknas di Jakarta.

Jadi nostalgia nih 😀

This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Siswa Mengajar Guru

  1. herman says:

    jadi ingat banyak nih…..
    kangen deh ama ICT tahun 2004 waktu jamanya bapak…

  2. Nasrun says:

    Wach,, jadi nostalgia betul nech…
    Jadi kangen pengen buat kegiatan-2 diatas lagi..

    Btw, fotoku kok gak ada yach?? apa waktu itu sy yg motret???

  3. @herman, bener..ini nostalgia lama 🙂

    @nasrun, lho, foto ke 4 yang jaket item dibelakang ibu yang berjilbab hitam itu sapa ?? :p

  4. NHie says:

    waaah…nostalgia ………jadi teringat *terharu biru lebam*

  5. ghp says:

    lid, fotonya kurang banyak…tambahin aja..:), bisa jadi masukan buat siapapun juga , bhw belajar itu hrs pada ahlinya..:) tidak terkait dgn umur..:)..

  6. @Nhie, wah…ini dia pelaku sejarahnya…foto yang ke 2 itu masih ingat khan ?

    @ghp, iyah pak, tapi hanya ini foto-foto yang tersisa. Ini juga dapatnya malah di internet, karena saya tidak punya arsipnya. Mungkin teman-teman guru yang lain bisa menambahkan di blog masing-masing tentang pengalaman di sekolah masing2. Mudah2an dapat menjadi trigger bagi yang lain 🙂

  7. Nhie says:

    hehehehhe…ingatlah pak *pipi merona merah*

  8. awan965 says:

    Wow…. keren…. kolaborasi yang menarik…. antara siswa dengan guru 😀

  9. Jun says:

    Sweat memories for me. Thank’s for all ……

  10. p4rcom says:

    waduh…… poto ku mana yak???
    prasaan hari itu hadir deh…….
    ato pas lagi bloss yak????

  11. Ifoel says:

    ICT….

    Miss You… 🙁

  12. amrilarifin says:

    Asslm bgmn kabar bos? gmn info beasiswanya? saya buat link ya!

  13. LuQe Yusuf says:

    From Past Till Future … still Kak Nugi GOKIL 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.